kegiatan kkn di suger lor

Jumat, 06 Februari 2015

INDUSTRI SAPU DI DUSUN GEDANGAN DESA SUGER LOR



Setiap hari selalu ada kegiatan rutin di rumah Pak Rifin di Dusun Gedangan, desa Suger Lor, Bondowoso. Agar dapur bisa tetap mengepulkan asap, Pak Rifin membuat sapu dari sabut kelapa sebagai mata pencaharian. Walaupun industri-industri menengah keatas sudah banyak, usaha pak Rifin masih tetap berjalan sampai saat ini.
            Hal pertama yang dilakukan dalam proses pembuatan sapu dari sabut adalah pengeringan sabut kelapa. Pengeringan dilakukan dengan cara dijemur atau menggunakan menggunakan tungku pembakaran jika sedag musim hujan.



Proses pengeringan sabut kelapa

            Selanjutnya menumbuk (atau niteh dalam bahasa setempat) dan mencabuti sabut-sabut kelapa (arobi). Ini adalah salah satu proses terberat karena harus menggunakan tenaga ekstra. Sabut kelapa ditumbuk sampai mudah untuk dicabuti.



  
Proses menumbuk dan mencabuti sabut kelapa
            Setelah itu sabut kelapa yang sudah menyerupai rambut akan dijahit pada sebatang bambu dengan menggunakan tali rafia. Sapu yang baru diikat pada bambu masih berantakan, agar sapu terlihat lebih rapih, sapu disisir menggunakan sisir besi.
Sapu yang sudah jadi dan sisir besi yang digunakan

            Setiap hari Pak rifin dan keluarga dapat membuat sapu sekitar 20 buah dan dijual seharga 2500 perbuah. Jika ingin melihat lebih jelas proses pembuatan sapu dan ingin membelinya dapat langsung dating ke Desa Suger Lor di Dusun Gedangan. Nomor yang dapat dihubungi 085232820672.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar